Launcing Desa Tangguh di Desa Clarak Dihadiri Empat Tokoh - Kabare Probolinggo <>

Breaking News

Launcing Desa Tangguh di Desa Clarak Dihadiri Empat Tokoh

Launcing Desa Tangguh di Desa Clarak Dihadiri Empat Tokoh


Probolinggo, Kabareprobolinggo
– Dalam rangka mendukung pelaksanaan New Normal  percepatan penanggulangan ser fotota menekan penyebaran virus covid-19 perlu bergotong royong dan bahu membahu dengan  semangat dalam kebersamaan,
Hal ini diupayakan supaya tetap terbangun agar menjadi wujud yang nyata serta baik  khususnya di wilayah Probolinggo.

Kali ini, Kamis 04 Juni 2020 Launching Desa Tangguh Semeru yang diresmikan empat  pilar di Probolinggo,
 ini juga bermakna Kampung Sehat aman tertib dan Rukun (SEMERU)  sesuai dengan kultur budaya masyarakat Clarak Kec. Leces Kab.  Probolinggoyang menjunjung tinggi nilai adat istiadat serta gemar bergotong royong khususnya warga Desa Clarak.

Launching Desa Tangguh
dihadiri dari empat pilar diantaranya AKBP Ferdy Irawan SIK.Msi sebagai Kapolres Probolinggo,
Mayor Puguh Jatmico PABUNG perwakilan dari DANDIM 0820 ,H.Suparwiyono SH.Mh
Sekda Kab.Probolinggo dan Forkopimda.

Imam, Kades Clarak sangat senang desanya didatangi empat petinggi Kab. Probolinggo. Pasalnya, menurut Kades yang baru menjabat satu periode ini, desanya  tidak pernah dikunjungi Kapolres secara langsung.

Jadi kegiatan launching Desa tangguh tempat pelaksanaannya di Desa Clarak  kami sangat berterimakasih dan senang,
desa kami dijaga dengan ketat tiap harinya untuk warga yang keluar masuk ke desa kami,
di pintu masuk desa kami sudah disiapkan protokol kesehatan desa yang selalu memeriksa warga yang keluar masuk desa kami," tuturnya dalam sambutannya.

"Kami sangat terkesan dan merasa nyaman karena melihat suasana begitu masuk Desa Clarak jalanan desa bersih, indah dan rapi.
lebih lebih ketika mendengar profil yang dibicarakan langsung Kades Clarak, ternyata kenyamanan itu bukan hanya di luar saja namun juga di buktikan di dalamnya,
untuk menciptakan Desa Tangguh harus betul betul didukung masyarakat  agar terujud," tutur H.Suparwiyono SH.MH Sekda Kabupaten Probolinggo yang baru pertama kalinya mengunjungi Desa Clarak.

Selanjutnya dalam pidatonya dalam acara Lauching Desa Tangguh Kapolres Probolinggo AKBP Ferdy Irawan Sik.Msi .
Gubenur Jatim, Kapolda dan Panglima Kodam menginisiasi atau buat suatu konsep yang bisa diterapkan oleh seluruh masyarakat Provinsi Jawa Timur berupa konsep Kampung Tangguh,
Tangguh artinya sudah siap atau mampuni untuk menanggulangi bencana,
Konsep Kampung Tangguh ini merupakan, Konsep Kampung Kerja  bersama ,konsep gotong royong , konsep mengutamakan kearifan lokal supaya adanya persatuan tingkat terbawah yaitu tingkat desa bersama-sama tolong menolong bahu membahu mengatasi Pademi Covid-19.

Mewakili DANDIM 0820 , dalam sambutannya dalam Lauching Kampung Tangguh yang di sampaikan Mayor Paguh Jatmico sebagai  PABUNG 0820 ,
Perlu di ketahui dalam pembentukan kampung tangguh perlu adanya lima elemen dimana ke liama tersebut di antaranya
1.Ulama' atau Tokoh agama
2.Umaro' atau pemerintahan kalau di desa yaitu kepala Desa
3.Cendikiawan atau guru pendidik
4.Pengusaha yang berpredikat yang ikut membantu dalam ketangguhan ini.
5.Aparat di dalamnya yaitu Kepolisian dan TNI.

Kelima elemen inilah yang akan membentuk kekuatan dari berbagai ancaman di antaranya Covid-19.
Sehingga bangsa kita sadar bahwa bangsa kita adalah perannya adalah lima elemen tadi,kalau lima elemen ini melksanakan fungsinya sesuai tanggung jawabnya maka bangsa kita ini akan kuat.pungkasnya dalam Lauching Covid-19.

Dalam Laucing Desa Tangguh tersebut Kepala Desa Clarak juga menerima bantuan langsung dari Sekda dan Kapolres juga dari Kodim 0820 yang berupa alat kesehatan yaitu masker dan Hand Sanitizer serta lainnya alat kesehatan lainnya.(MH)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact