Upacara Yadnya Kasada Suku Tengger, Di Antaranya Mengambil Tirta Suci - Kabare Probolinggo <>

Breaking News

Upacara Yadnya Kasada Suku Tengger, Di Antaranya Mengambil Tirta Suci

Upacara Yadnya Kasada Suku Tengger, Di Antaranya Mengambil Tirta Suci


Probolinggo,  Kabareprobolinggo.com
--Ritual Yadnya Kasada Suku Tengger  Probolinggo 2020 yang tepat pada Tanggal  (6/07/2020) hingga Tanggal (7/07/2020) mendatang serangkaian  yang harus dilakukan  adalah pengambilan air Suci dari 4 sumber mata air  atau patirtan suci  untuk viodalan Pura, serta pensucian umat dalam ritual Yadnya Kasada Suku Tengger.

Pimpinan (PHDI) Parisade Hindu Dharma Indonesia Kabupaten  Probolinggo Drs.Bambang Suprapto,M.Pd.mengatakan  pada awak media jumat (3/07/2020) untuk pengambilan air suci dari 4 sumber meliputi dari 3 Kabupaten yaitu  Kabupaten Probolinggo Air Terjun Madakaripura,  Kabupaten Pasuruan Goa Widodaren, Kabupaten  Lumajang Watu Klosot dan Rondo Kuning, jadi yang mengambil dari daerah masing  masing untuk dibawa ke Pura Luhur Poten yang berada di lautan pasir Bromo,Yadnya Kasada dilaksanakan bersama  4 Kabupaten  jadi satu di Pura Luhur,  yang merupakan warga Suku Tengger kawasan sekitar lereng Bromo.

Kemudian dari kecamatan Sukapura  mengambil Air Sucinya di Air Terjun Madakaripura yang berada dikawasan Kecamatan Lumbang, setiap tahun yang mengambil Air Patirtan Suci bergantian untuk tahun ini yang dapat tugas  Desa Wonotoro Kecamatan  Sukapura.

 Menurut Kepala Desa Wonotoro Mistaman , untuk tahun ini Pengambilan Patirtan Suci adalah tugas Pemerintahan Desa Wonotoro bersama warga dan Pemangku agama serta tokoh adat Desa Wonotoro, kecamatan Sukapura sendiri tiap tahun bergiliran untuk pengambilan  Patirtan Suci dari kelima Desa yaitu , Desa Ngadisari,  Desa Wonotoro, Desa Jetak, Desa Ngadas serta Desa Ngadirejo.

 Masih senada  Kades Wonotoro  Mistaman   untuk tahun ini karena masih dalam pandemi covid 19 Yadnya Kasada khusus masyarakat  Tengger yang merayakan, bagi warga luar Suku tengger  tidak boleh turut serta kekawasan laut pasir Bromo, tidak melayani kunjungan wisata baik domistik maupun mancanegara,  SukuTengger yang merayakan Yadnya Kasada juga wajib mematuhi  Protokol kesehatan  gugus tugas covid 19, wajib pakai masker jaga jarak serta cuci tangan sebelum masuk ke kawasan Pura Luhur Poten.

Turut serta dalam pengambilan Patirtan Suci Kadis Kominfo Julius Christian S.I.P, MM Forkopimka Sukapura,tokoh adat serta pemangku agama Suku Tengger  Desa Wonotoro.(MH)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact