Pemkab Dukung Gerakan Masyarakat Pakai Masker - Kabare Probolinggo <>

Breaking News

Pemkab Dukung Gerakan Masyarakat Pakai Masker

Pemkab Dukung Gerakan Masyarakat Pakai Masker

Probolinggo,kabareprobolinggo.com 

---Sebagai upaya mendukung Gerakan Masyarakat Memakai Masker (GM3) berupa Gerakan 26 Juta Masker Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo berhasil mengumpulkan sekitar 147 ribu masker. Dimana ratusan masker tersebut merupakan bantuan dari sejumlah perusahaan yang ada di Kabupaten Probolinggo.

Peresmian GM3 di Kabupaten Probolinggo ini diawali dengan launching secara virtual Gerakan 26 Juta Masker di Jawa Timur oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian dari Pendopo Agung Kabupaten Malang.

Kegiatan yang dipusatkan di pelataran Candi Jabung Desa Jabung Candi Kecamatan Paiton ini dihadiri oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE, Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko, perwakilan Forkopimda, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko, sejumlah Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Camat serta perwakilan perusahaan yang ada di Kabupaten Probolinggo.

Di Kabupaten Probolinggo, peresmian GM3 ini ditandai dengan penyerahan masker secara simbolis oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE, Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko.

Dalam sambutannya Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE mengatakan mulai bulan Maret 2020 lalu Pemerintah Daerah melalui Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo cukup serius dan akan terus serius menekan COVID-19 sedemikian rupa sehingga masyarakat bisa sehat wal afiat serta tetap beraktifitas seperti semula dengan segala penyesuaian adaptasi kehidupan baru.

“Dari bulan April 2020, Pemerintah Kabupaten Probolinggo telah membagikan 1.110.000 masker kepada masyarakat. Ribuan masker dari APBD dan dukungan perusahaan tersebut sudah dibagikan rata kepada seluruh penduduk Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Menurut Bupati Tantri, untuk mendukung Gerakan 26 Juta Masker ini sedikitnya sudah terkumpul 147 ribu masker non APBD. Ribuan masker ini merupakan bantuan dari perusahaan swasta yang ada di Kabupaten Probolinggo. Program ini untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat dan sektor swasta untuk berpartisipasi.

“Saya menyampaikan apresiasi atas dukungan dari berbagai pihak untuk pengadaan masker sebagai upaya dalam mencegah penyebaran COVID-19 di Kabupaten Probolinggo. Termasuk juga bantuan 10.000 masker dari Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo,” jelasnya.

Lebih lanjut Bupati Tantri menegaskan bahwa ke depan tidak hanya akan membagikan masker saja kepada masyarakat. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo juga akan terus berupaya mendisiplinkan masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan. Salah satunya memasifkan penggunaan masker di masyarakat.

“Memang perlu kita sadari bahwa kedisiplinan masyarakat perlu kita tingkatkan. Untuk meningkatkan disipilin masyarakat, Pemerintah Daerah bersama TNI dan Polri berkomitmen akan memasifkan sosialisasi pemakaian masker di masyarakat, termasuk di tempat-tempat umum,” tegasnya.

Oleh karena itu Bupati Tantri meminta semua pihak ikut berperan aktif bagaimana masker yang tadinya hanya dikantongi saja mampu menyadarkan masyarakat bahwa masker bukan lagi sebagai kewajiban tapi kebutuhan menuju sehat lahir dan batin.

“Ini semua harus bersama-sama dilakukan secara telaten dan konsisten. Sehingga nantinya masker betul-betul dimanfaatkan dan dipakai secara benar sebagai upaya bersama pencegahan penyebaran COVID-19 di Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya. (MH)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact