Koramil 0820/22 Dringu Manfaatkan Komsos Untuk Dekat Dengan Rakyat - Kabare Probolinggo <>

Breaking News

Koramil 0820/22 Dringu Manfaatkan Komsos Untuk Dekat Dengan Rakyat

Koramil 0820/22 Dringu Manfaatkan Komsos Untuk Dekat Dengan Rakyat

 


Probolinggo,kabareprobolinggo.com 

--Sebagai prajurit teritorial yang sehari harinya berada di tengah tengah masyarakat, seperti  anggota Koramil 0820/22 Dringu, Kecamatan Probolinggo,selalu ada bersama rakyat dan selalu di tengah  tengah masyarakat, karena sudah menjadi slogan bagi TNI yaitu  “Bersama Rakyat TNI Kuat”. 

Bahkan, ada yang menyebutnya  “Rakyat Adalah Rohnya TNI”. Kalau kita mencermati slogan tersebut memang TNI tidak bisa dipisahkan dari rakyat, khususnya bagi satuan kewilayahan seperti Koramil. 


TNI selalu berdampingan dengan rakyat dalam segala macam kegiatan baik yang merupakan tugas pokok TNI atau tugas tambahan membantu Pemerintah Daerah seperti kerja bakti, dan kegiatan sosial lainnya. 

 Sebagai prajurit yang sudah dibekali dengan pengetahuan ilmu teritorial yang cukup, banyak kegiatan yang dilaksanakan sebagai sarana pendekatan  kepada masyarakat salah satunya dengan cara “Komunikasi Sosial” atau Komsos. 

" Prajurit teritorial harus mampu melaksanakan Komsos dengan baik dengan rakyat. Komsos adalah sebagai sarana Komunikasi Prajurit dengan rakyatnya sehingga bisa mengetahui dan mengerti perkembangan yang terjadi di masyarakat dan bisa dijadikan sumber informasi  perkembangan situasi di wilayah," kata Danramil 22 Dringu Kapten Kav Maulana Djoko Samakta.  


Dijelaskan dia, hal ini sudah  rutin dilaksanakan oleh anggota Koramil 0820/22 Dringu, setiap saat. "Dengan kegiatan Komsos kita langsung dapat bertemu dan bertatap muka dengan masyarakat jadi kita bisa mendengar lansung apa yang mereka sampaikan kepada kita. Dari situ kita bisa mendapatkan informasi sebagai pengumpulan data untuk kita sampaikan kepada pimpinan. Segala permasalahan masyarakat dapat kita tampung bahkan tidak jarang kita dapat membantu menyelesaikan permasalahan mereka, sehingga rakyat merasa terbantu dengan kehadiran kita. Sehingga secara tidak langsung dengan Komsos dapat menambah kedekatan TNI dengan rakyat," terangnya. 


Dalam kesempatan lain, setiap mengambil Jam Komandan Rayon Militer (Danramil) 22 Dringu, Probolinggo Kapten Maulana Djoko Samakta selalu menekankan kepada anggotanya khususnya para Babinsa harus selalu dekat dengan warga binaannya. 

 “ Sebagai prajurit kewilayahan kita harus selalu hadir kepada rakyat sehingga kita tahu apa yang mereka keluhkan dan kita harus selalu baik baik dengan rakyat karena rakyat itu semua adalah saudara kita," demikian petunjuk Danramil Dringu kepada semua anggota Koramil 22 Dringu. 

Hal itu kata dia, tidak dianggap main main oleh anggota Koramil Dringu, dalam kegiatan setiap harinya disela sela tugas pokok siang ataupun malam hari Babinsa selalu ada ditengah tengah rakyatnya. Saat patroli malam hari setelah patroli para Babinsa tidak segan segan berhenti atau berkunjung ke rumah warganya hanya sekedar untuk berbincang bincang, semua lapisan masyarakat kita hampiri dengan tidak pilih kaya atau miskin dari pedagang, petani , nelayan, buruh, pegawai, semua kita kunjungi secara bergantian. 

 Sehingga dari  kegiatan ini banyak manfaat yang dirasakan antara lain masyarakat merasa keamanan terjaga dengan kehadiran TNI setiap saat hadir secara fisik kepada mereka khusunya malam hari.

 Dengan demikian secara tidak langsung rasa simpati rakyat kepada TNI akan tetap terjaga dan terpelihara. Yang akhirnya akan dapat tercipta kemanunggalan TNI dengan rakyat yang solid.

(MH/Cakra393)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact